Kamis, 21 Februari 2013

PRINSIP TAREKAT / JALAN / METODE MENDAPATKAN RIDHONYA ALLAH



Tarekat di ambil dari bahasa arab, yaitu dari kata benda thoriqoh yang secara etimologis berarti jalan, metode atau tata cara.

Prinsip tarekat
hal pokok yaitu  pembersihan hati (tazkiyatun nafs) yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya : TAKHOLI…TAHALLI…TAJALLI…


1. TAKHOLLI

Takholli berarti pengosongan/pembersihan….ini adalah tentang niat…pemahaman…pengertian…tentang makna pembersihan…pembersihan dari hal yang negatif…baik lahir mupun batin…sebagai tahap pertama dalam mengurus hati…adalah membersihkan hati dari keterikatan pada dunia. Cinta pada anak..isteri/suami..kekayaan… tidak melebihi cintanya kepada ALLAH…


2. TAHALLI

Tahalli berarti Pengisian…setelah hati dibersihkan dari penyakit2nya…dan dikosongan dari hal yang negatif dan cinta dunia..maka diisi dengan yang berhubungan dengan ALLAH…dengan selalu mengingatNya…membasahi bibir kita dengan zikrullah….sehingga seluruh apa yang kita lakukkan baik lahir maupun batin adalah untuk menuju ridho Allah….hal ini bisa dipadankan dengan pengamalan dzikir..


3. TAJALLI

Tajalli berarti kemuliaan atau kesempurnaan…..ini merupakan wilayah Jalla Jalaluh Allah Ta’ala…..ini adalah buah dari takholli…tahalli…ini merupakan tahap terbukanya hijab antara hamba dengan Tuhannya….Ia manunggal/lebur bersama Allah dalam kenikmatan yang tidak bisa dilukiskan….Ia bahagia dalam keridho’an-Nya. Pada tahap ini, para sufi menyebutnya sebagai ma’rifah, orang yang sempurna sebagai manusia luhur…..






Tidak ada komentar:

Posting Komentar